Selasa, 21 Desember 2010

Dana Asing Rp 3,26 Triliun 'Kabur' dalam Sepekan

Jelang akhir tahun dana asing keluar dari pasar keuangan dalam negeri, jumlahnya mencapai Rp 3,26 triliun. Paling banyak terjadi akibat aksi ambil untung (profit taking) di pasar saham.


Demikian hasil Operasi Pasar Terbuka (OPT) Minggu ke-3 Desember Bank Indonesia (BI) yang disampaikan Kepala Biro Humas BI Difi Ahmad Johansyah kepada detikFinancedi Jakarta, Rabu (22/12/2010).

"Menjelang akhir tahun, di tengah terdapatnya sentimen negatif terutama dari kawasan regional, investor asing mulai melikuidasi portofolio saham dan melakukan switching sebagian likuiditas dari SUN (Surat Utang Negara) pada SBI (Sertifikat Bank Indonesia)," tutur Difi.

Di pasar saham, nilai profit taking investor asing mencapai Rp 2,15 triliun seiring meningkatnya aktivitas perdagangan saham oleh asing yang mencapai 44,12% dari total transaksi saham pada pekan ke-3 Desember.

"Sementara itu, portofolio investor asing pada SUN turun sebesar Rp 854 miliar dan portofolio SBI naik sebesar Rp 737 miliar," imbuh Difi.

Difi mengatakan, perilaku profit taking juga terindikasi pada terdapatnya koreksi harga di pasar SUN yang selama pekan ke-3 Desember secara rata-rata cenderung melemah 260 bps (minggu sebelumnya menguat 40 bps). 


(sumber: detikfinance)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TRANSLATOR

Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Widget edited by ECHO BACKENBEAUR

partnership with :